Rabu, 25 Juni 2008

Proses Batu Galena menjadi Timah

Sebelum batu galena diproses, perlu diperiksa kadarnya apakah jumlah kandungannya menguntungkan kalau diproses, jika dinilai menguntungkan maka selanjutnya batu galena tersebut ditumbuk hingga halus, kemudian dimasukan kedalam tempat dan dicampur dengan zat-zat kimia berupa katalis yang fungsinya untuk mempercepat proses pemasakan.

Proses pemasakan batu galena menggunakan bahan bakar arang dan memakan waktu beberapa jam. Setelah proses pemasakan berhasil maka akan menghasilkan cairan timah hitam, kotoran-kotoran yang bukan senyawanya akan mengapung. Untuk menghasilkan kadar yang baik, kotoran yang mengapung tersebut harus dibuang, semakin bersih dari kotoran berarti kadar timah yang dihasilkan akan semakin baik.

Selanjutnya timah hitam siap dituang kedalam cetakan yang telah disediakan, adapun ukuran dan bentuknya dapat disesuaikan dengan keinginan, bisa juga diberi logo atau merek.

Untuk mendapatkan pengakuan kualitas, sebaiknya hasil yang sudah jadi dibuatkan sertifikat di scofindo, sehingga dapat diketahui dengan pasti persentase kadarnya.

Tidak ada komentar: